Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Proses Program Bayi Tabung Beserta Rincian Biaya Bayi Tabung

Muara Promil, Jakarta - Bagi bunda yang ingin tahu bagaimana proses Program Bayi Tabung, berapa biaya program bayi tabung, apa syarat bayi tabung dan apa yang harus di persiapkan untuk program bayi tabung, bisa ayah dan bunda simak artikel ini sampai selesai.

Kesempatan yang berbahagia ini, admin Muara Promil akan membahas tentang hal tersebut atau hal-hal yang harus bunda ketahui mengenai Program Bayi Tabung.

Apa Itu Bayi Tabung? Ini Pengertian Bayi Tabung.

Di lansir dari halaman wikipedia, Bayi tabung adalah Fertilisasi in vitro atau pembuahan in vitro (bahasa Inggris: in vitro fertilisation, IVF), atau sering disebut bayi tabung, adalah suatu prosespembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh sang wanita: in vitro ("di dalam gelas kaca").

Proses ini melibatkan pemantauan dan stimulasi proses ovulasi seorang wanita, mengambil suatu ovum atau sel-sel telur dari ovarium (indung telur) wanita itu dan membiarkan sperma membuahi sel-sel tersebut di dalam sebuah medium cair di laboratorium. Sel telur yang telah dibuahi (zigot) dikultur selama 2–6 hari di dalam sebuah medium pertumbuhan dan kemudian dipindahkan ke rahim wanita yang sama ataupun wanita yang lain, dengan tujuan menciptakan keberhasilan kehamilan.

Langkah-Langkah Atau Prosedur Tahapan Proses Program Bayi Tabung.

Program Bayi Tabung
Image hellosehat.com


Ada 10 Tahap Proses Atau Prosedur Bayi Tabung yang ayah dan bunda harus ketahui sebelum memutuskan untuk ikut program bayi tabung. "Ya... berdasarkan yang di lansir oleh situs Ayahbunda.co.id ada 10 TAHAPAN PROSES PEMBUATAN BAYI TABUNG yang harus ayah bunda ketahui dan berikut ini penjasannya:


  1. Seleksi pasien. Apakah Anda dan suami layak mengikuti program bayi tabung. Bila layak, baru bisa masuk dan mengikuti program bayi tabung.
  2. Stimulasi atau merangsang indung telur untuk memastikan banyaknya sel telur. Secara alami, sel telur hanya satu. namun untuk bayi tabung, perlu lebih dari sati sel telur untuk memperoleh embrio.
  3. Pemantauan pertumbuhan folikel(cairan berisi sel telur di indung telur) melalui ultrasonografi. Tujuannya, melihat apakah sel telur sudah cukup metang untuk ‘dipanen.’
  4. Mematangkan sel telur dengan menyuntikkan obat agar siap ‘dipanen.’
  5. Pengambilan sel telur, kemudian diproses di laboraturium.
  6. Pengambilan sperma suami (pada hari yang sama). Jika tidak ada masalah, pengambilan dilakukan lewat masturbasi. Jika bersamalah, pengambilan sprema langsung dari buah zakar melalu operasi.
  7. Pembuahan atau (fertilisasi) di dalam media kultur di laboraturium. hasilnya embrio. 
  8. Transfer embrio kembali ke dalam rahim agar terjadi kehamilan, setelah embrio terbentuk.
  9. Penunjang fase luteal untuk mempertahankan dinding rahim. Dokter emberi obat untuk mempertahankan dinding rahim ibu agar terjadi kehamilan.
  10. Terakhir, proses simpan beku embrio. Jika ada embrio lebih, bisa disimpan untuk kehamilan selanjutnya.


Tahap demi tahap di atas harus di lalui jika bunda mengikuti program bayi tabung dan itu biasanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 bulan, selain itu tentunya untuk mengikuti tahap demi tahap di atas, biaya yang harus di keluarkan tidaklah sedikit. Untuk itu, sebelum ayah dan bunda memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung ini, ayah bunda harus mempersialkan syarat pertama yaitu dana untuk biaya program bayi tabung.

Berapa Perkiraan Biaya Program Bayi Tabunng?

Mungkin ayah bunda bertanya, berapa sih biaya program bayi tabung yang di perlukan??" Untuk itulah, kami berikan informasinya secara lengkap disini, agar bisa menjawab semua pertanyaan ayah bunda. Dengan artikel ini, Ayah bunda jadi tahu dan bisa mempersiapkan diri kalau ingin ikut program bayi tabung.

Rincian Biaya Program Bayi Tabung


Informasi Rincian Biaya Bayi Tabung di ambil dari postingan dalam akun ig @tya_ariestya yang mana disitu di jabarkan secara detail terkait biaya bayi tabung di Morula IVF Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, seperti pemeriksaan, prosesnya, cek dokter berapa, konsultasinya berapa dan lengkap, dan berikut ini penjelasannya:

Persiapan Bayi Tabung:


  • 1. Konsultasi ke dokter sekitar Rp 620 ribu per kunjungan. Total ada 6 kali kunjungan untukshort protocol
  • 2. Cek ke laboratorium sekitar Rp 5 jutaan. Untuk pemeriksaan HIV/AIDS, hepatitis (suami, istri), AMH (istri), sperma (suami),torch (istri), dan lainnya.
  • 3. Vitamin, yakni starfer dan tonicard (suami) sekitar Rp 2 jutaan. Sedangkan vitamin D,prohelic, folic acid (istri) sekitar Rp 600 ribuan.


Masuk ke Proses Stimulasi:


  • 1. Suntik untuk 4 hari awal pergoveris sekitar Rp 11,65 juta (penggunaan dosis tinggi sehingga harga lebih mahal).
  • 2. Setelah 4 hari kontrol ke dokter, lalu cek darah lagi sekitar Rp 1,8 juta
  • 3. Suntik lagi untuk 4 hari berikutnyapergoveris dan tambahan cetrotide sekitar Rp 14,92 juta. 
  • 4. Lanjut cek darah lagi untuk mengetahui hasil stimulasi sekitar Rp 1,1 juta.
  • 5. Kalau sudah oke semua, telur siap diberi suntukan untuk beberapa jam sebelum Operasi Pengambilan Telur (OPU) ovutrig2000 dan superfact sekitar Rp 600 ribuan.
  • 6. Cek ke laboratorium lagi sekitar Rp 1 juta.


Masuk ke Tindakan OPU:


  • 1. Tindakan OPU sekitar Rp 37,5 juta
  • 2. Akupuntur 3 kali masing-masing Rp 410 ribu.
  • 3. Pre-Implantation Genetic Screening (PGS), yakni screening genetik untuk meningkatkan keberhasilan kromosom embrio yang akan ditransfer sekitar Rp 50 juta. (PGS ini tidak wajib, boleh diikuti, boleh tidak).


Masuk ke Tindakan Transfer Embrio:


  • 1. Tindakan transfer embrio sekitar Rp 8,4 juta
  • 2. Cek darah sekitar Rp 1,3 jutaan
  • 3. Obat-obatan selama menunggu 2 minggu sekitar Rp 7,48 juta.
  • 4. Selanjutnya menunggu hasil selama 2 minggu untuk diberitahu hasil cek darah oleh dokter.


Total uang yang dihabiskan Tya untuk program bayi ke-3 tersebut sekitar lebih dari Rp 100 juta (tanpa PGS). Karena ia mengambil tindakan PGS seharga Rp 50 juta, maka total jenderal sekitar Rp 150 jutaan.

“Kalau boleh saran, buat yang mau program (bayi tabung) saat ini, siapkan dana sekitar Rp 80 juta- Rp 120 juta),” ujar kata pemilik nama lengkap Ariestya Noormita Azhar itu melalui unggahan di Instagramnya.

Itu baru biaya bayi tabung yang ke-3. Jika di total keseluruhan 3 kali ikut program IVF, Tya sudah menggelontorkan dana lebih dari Rp 230 juta untuk program bayi tabung di Morula IVF Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat . Terdiri dari program bayi tabung 1 sebesar Rp 60 jutaan, ke-2 sekitar Rp 20 jutaan (tanpa stimulasi), dan IVF ke-3 Rp 150 jutaan.

Harga atau biaya bayi tabung itu sangat tinggi yah bunda, jadi beruntunglah bunda yang bisa hamil tanpa harus ikut program bayi tabung, karena tidak semua bisa mengikuti proses bayi tabung. Jadi, bersyukur tidak sampai bayi tabung, Alloh sudah memberikan kepercayaan untuk ayah bunda.

🏠 Daftar Rumah Sakit Yang Menyediakan Program Bayi Tabung Beserta Perikraan Biayanya.

Berikut ini bunda adalah daftar beberapa rumah sakit yang menyediakan program bayi tabung disertai biayanya, bisa bunda jadikan informasi ketika ingin program bayi tabung. Sumber informasi ini di dapat dari situs id.theasianparent.com
dan ada pun daftar rumah sakitnya sebagai berikut ini:


  • 1. Klinik Teratai Rumah Sakit Gading Pluit: Klinik Teratai RS Gading Pluit merupakan salah satu klinik di Jakarta yang menyediakan program bayi tabung dengan harga yang terjangkau, yaitu berkisar antara Rp39 juta – 80 juta.
  • 2. RS Sam Marie Basra: Rumah sakit yang terletak di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur ini mematok biaya bayi tabung di awal sekitar Rp53 juta.
  • 3. Rumah Sakit Bunda Menteng: Biaya awal untuk program bayi tabung di sini adalah Rp40 juta.
  • 4. RS Harapan Kita: Rumah sakit yang berada di jalan S. Parman ini menyediakan program bayi tabung dengan kisaran biaya Rp 20 juta – Rp 80 juta.
  • 5. RS Daya Medika: RS yang melakukan kerjasama dengan PT Ingin Anak ini menerapkan metode SMART yaitu Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive and Technology. Karena itu, jangan heran jika mereka menawarkan paket bayi tabung murah yaitu Rp30 juta per siklus.


5 daftar rumah sakit penyedia layanan program bayi tabung diatas bisa bunda kunjungi atau pilih salah satu, ketika bunda ada rencana atau berminat untuk melakukan program bayi tabung. Setiap rumah sakit berbeda-beda harganya, mungkin karena teknologinya yang berbeda, sehingga semakin bagus program bayi tabungnnya, semakin mahal harganya. Ini bisa bunda jadikan sumber referensi, atau patokan persiapan dana yang harus bunda miliki, ketika mau memutuskan untuk bayi tabung.

Nah, Bagi bunda yang belum memiliki Anak atau bahkan belum bisa merasakan hamil sampai sekarang ini, tetap optimis dan selalu bersemangat untuk berikhtiar, jangan putus asa, apalagi berkecil hati. Semua sudah di rencanakan bunda, jadi banyak-banyak bersyukur dan terus berusaha sampai Alloh menghentikan usaha bunda dengan keberhasilan.

Perlu di Ingat bunda, tidak semua proses bayi tabung itu selalu berhasil, buktinya ada banyak konsumen Muara Promil yang mengatakan bahwa dirinya telah gagal ikut program bayi tabung dan ternyata, Alloh telah menakdirkan mereka untuk hamil bersama Muara Promil, jadi ini bisa jadi bukti bahwa, di pertemukannya bunda dengan Muara Promil itu tidak ada yang kebetulan.

Tapi memang Alloh lah yang menuntun bunda untuk ketemu perantara terbaik untuk bunda bisa hamil dan punya Anak, jadi selama tidak bunda buktikan sendiri, maka bunda selamanya tidak akan tahu, bukan begitu bunda?

Testimoni Konsumen Muara Promil Yang Berhasil Hamil dan 
Pernah Gagal Ikut Program Bayi Tabung.


Pernah Program Bayi Tabung Gagal

Proses Bayi Tabung Gagal

Pasien Yang Gagal Bayi Tabung


Apakah bunda sekarang ini masih kesulitan untuk hamil??" Ingin Program Bayi Tabung tapi tidak cukup uangnya??" Promil kami solusi terbaiknya, tidak membutuhkan biaya yang besar seperti bayi tabung dan promil kami juga sudah terbukti banyak yang berhasil, jadi bukan promil abal-abal di luar sana.

Hubungi Muara Promil dan konsultasikan dulu apa keluhan bunda, kami akan berikan yang terbaik untuk bunda, supaya impian bunda bisa segera di ijabah sama yang kuasa.