Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Ini Bisa Mempengaruhi Kesuburan Anda, Hindarilah!

Promil Herbal Bee ~ Kesulitan untuk hamil banyak di alami sebagian besar wanita, salah satunya karena tingkat kesuburannya menurun. Baik kesuburan si wanita, maupun kesuburan pria.

Anda harus tahu, beberapa hal yang dapat menurunkan tingkat kesuburan Anda. Sehingga, alangkah baiknya Anda hindari. Supaya kesuburan tetap terjaga dan di harapkan terus meningkat.

Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, beberapa hal di bawah ini wajib di hindari bunda. Karena apapun jenis PROMIL yang bunda jalani, tapi tidak mau menghindari hal di bawah, maka kehamilan akan tetap sulit terjadi. Adapun faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan sesuai yang di lansir hellosehat.com sebagai berikut ini.

Faktor-faktor yang memengaruhi kesuburan

Hal yang dapat menurunkan kesuburan


Dilansir dari laman Healthcare University of Utah, ada hal lainnya juga yang memengaruhi kesuburan pria maupun wanita. Di antaranya adalah:

1. Alkohol

Minum alkohol terlalu sering atau secara berlebihan bisa menurunkan jumlah sperma dan bisa menyebabkan impotensi (disfungsi ereksi).

Wanita yang menjadi seorang peminum alkohol berat juga meningkatkan risiko terjadinya gangguan ovulasi. Ovulasi adalah fase keluarnya telur untuk siap dibuahi. Jika terjadi gangguan pada keluarnya sel telur, kehamilan pun akan lebih sulit terjadi.

2. Merokok

Tembakau pada rokok dapat merusak kondisi ovarium sekaligus memengaruhi produksi hormon pada wanita. Merokok juga dapat merusak DNA dalam sperma yang bisa membuat pria tidak subur serta meningkatkan risiko komplikasi kehamilan istri.

Bahkan dr. James Hotaling, seorang spesialis kandungan dari Utah Center for Reproductive Medicine di Amerika Serikat mengatakan bahwa merokok memiliki efek transgeneratif. Ini berarti efek merokok tidak hanya memengaruhi anak-anak Anda, tapi juga kondisi cucu hingga cicit Anda.

3. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa menurunkan peluang terjadinya pembuahan pada wanita. Beberapa obat-obatan steroid juga bisa memperlambat produksi sperma pada pria. Oleh karena itu, Anda perlu membicarakan pada dokter untuk mempersiapkan kehamilan.

4. Berat badan

Baik berat badan berlebih maupun kurang dapat memengaruhi produksi hormon pada wanita sehingga bisa menunda terjadinya ovulasi. Berat badan yang berlebih pada pria bisa berpengaruh pada penurunan kadar sperma dan testosteron. Karena itu, pastikan Anda selalu menjaga berat badan ideal.

5. Minuman Bersoda.

Pada wanita, pemanis dalam minuman bersoda yang dibuat dari zat kimia ini dapat memengaruhi sitoplasma sel telur yang dihasilkan oleh ovarium. Zat tersebut dapat menurunkan kualitas sel telur sehingga menurunkan peluang seorang wanita untuk hamil. Bila pembuahan akhirnya terjadi, kebiasaan minum soda berisiko mengganggu kualitas embrio sehingga meningkatkan risiko keguguran.

Sedangkan pada pria, seperti yang dilansir dari laman Medical Daily, minuman bersoda yang terlalu banyak berpotensi menurunkan jumlah sperma.

Soft drink atau minuman bersoda mengandung banyak gula. Karena itu, secara tidak langsung baik pada pria maupun wanita, kebiasaan minum soda dapat meningkatkan risiko obesitas.

Obesitas ini yang selanjutnya mengacaukan produksi hormon yang berkaitan dengan reproduksi. Bisa juga nantinya kadar sel telur pada wanita dan sel sperma pada pria menjadi berkurang.

5 hal tersebut sebaiknya di hindari yah bunda, supaya kesuburan tetap terjaga dan kalau bisa usahakan meningkatkan kesuburannya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar cepat hamil. Selain menghindari hal tersebut, Anda di haruskan untuk melakukan beberapa hal yang bisa menunjang kehamilan. Adapun caranya, silahkan baca artikel dibawah ini.