Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Ini Agar Sperma Encer Dapat Meningkat Kualitasnya!

Bagaimana Meningkatkan Kualitas Sperma? Pertanyaan ini sering kali muncul di grup facebook kami di Tips Cepat Hamil & Program Kehamilan, untuk itulah kami akan bahas disini untuk Anda semua. Tentang bagaimana cara mengatasi sperma suami yang encer.

Kualitas sperma yang bagus, sehat dan normal sangat diperlukan agar bisa terjadi pembuahan. Bagaimana bisa terjadi pembuahan, kalau spermanya saja sulit atau tidak bergerak sama sekali. Jika memang begitu, sebaiknya Anda simak ulasan ini sampai akhir.

Cara mengatasi sperma encer


Apa sperma suami encer sulit punya anak? Begini ayah/bunda, Dampak sperma encer adalah tidak sampainya sperma ke sel telur yang dapat menghambat proses terjadinya kehamilan (konsepsi). Dampak Sperma Encer Ini dikarenakan sperma tidak bisa bergerak dengan lincah menuju sel telur. Sehingga sulit hamil karens tidak ada pembuahan walaupun bundanya dalam keadaan subur sekalipun.

Ada beberapa hal yang perlu ayah lakukan, Untuk menjaga kualitas sperma sehat dan bagus. Apa saja yang harus dilakukan, di antaranya:


  1. Mengonsumsi pola makan sehat dan menjaga berat badan ideal. Beberapa jenis makanan dapat menambah kualitas sperma, misalnya berbagai sayur dan buah. Penambahan berat badan dikaitkan dengan penurunan jumlah dan gerakan sperma.
  2. Mencegah infeksi menular seksual. Gunakan kondom saat berhubungan seksual dan hindari kebiasaan berganti-ganti pasangan. Beberapa jenis infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia dapat menyebabkan ketidaksuburan pada pria.
  3. Mengelola stres dan olahraga teratur. Kondisi tubuh yang mengalami stres berlebihan dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu hormon yang memproduksi sperma. Untuk itu kendalikan stres dan lakukan olahraga untuk membantu menurunkan stress, sekaligus meningkatkan tingkat enzim antioksidan tubuh yang dapat melindungi sperma.
  4. Berhenti merokok. Pria yang merokok kemungkinan besar dapat mengalami penurunan jumlah sperma, sekaligus mengurangi kemampuan gerak sperma.
  5. Membatasi asupan alkohol. Efek alkohol hampir sama dengan rokok pada sperma pria. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan struktur sperma menjadi abnormal, serta mengganggu penyerapan mineral zinc yang sangat penting untuk kesuburan pria.


Menjaga fungsi organ reproduksi pria, sangat penting, karena berpengaruh pada kondisi sperma sehat. Terapkan pola hidup sehat dan jauhi hubungan seksual yang berisiko. Anda mungkin membutuhkan bantuan dari dokter andrologi untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesuburan pria.

Demikian juga, jika merasa Anda merasa timbul gejala abnormal pada organ reproduksi atau gangguan kesuburan, untuk dilakukan pemeriksaan sperma dan fungsi organ reproduksi pria untuk mengetahui, apakah ada kelainan pada sperma atau tidak.

Terkait kelainan sperma, sebelumnya kami pernah membahas tentang azoospermia. Bagi Anda yang belum membacanya, silahkan baca di artikel "Suami Azoospermia, Apakah Bisa Punya Anak?. Penjelasannya ada pada artikel tersebut, semoga bisa bermanfaat.