Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Yang Akan Dialami Ketika Saluran Tuba Falopi Anda Tersumbat Dan Cara Mengobatinya.

Apa yang terjadi apabila saluran tuba seorang wanita tersumbat? Perlu Anda ketahui, bahwa proses pembuahan terjadi ketika sel telur bertemu dengan sperma. Namun, tersumbatnya pada saluran tuba ini dapat mempersulit sel telur dan sperma untuk bertemu, dengan khasus seperti itu. Maka, otomatis pembuahan akan sulit terjadi sehingga wanita yang mengalami saluran tuba falopi tersumbat, akan mengalami kesulitan untuk hamil dan memiliki momongan.

pengobatan saluran tuba tersumbat


Sampai segitunya kah? Bisa tanyakan pada mereka yang mengalami keluhan terebut, lebih-lebih kalau ke 2 saluran tubanya tersumbat itu akan sangat sulit sekali.

Namun, bukan berarti tidak bisa yah bunda. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan agar proses pembuahan terjadi. Seperti melakukan program bayi tabung, tiup saluran tuba atau operasi pada saluran tuba.

Biaya bayi tabung dan operasi untuk membuka saluran tuba tidaklah sedikit, butuh dana yang cukup menguras kantong Anda.

Lalu, apakah ada cara lain selain itu untuk mengobati saluran tuba yang tersumbat agar cepat hamil?

Hal tersebut dapat Anda temukan disini, untuk itu kami sangat menyarankan Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai. Kerena satu paragraf saja terlewatkan maka, apa yang saya sampaikan tidak akan berarti untuk Anda.

Pengertian saluran tuba & apa jadinya kalau saluran tuba tersumbat?


Tahukah bunda? Sistem reproduksi perempuan terdiri dari ovarium, uterus, serta saluran tuba. Bila permasalahan kedokteran sudah pengaruhi salah satu dari ketiga bidang tersebut, maka proses kehamilan akan terhambat atau jadi sulit untuk hamilnya.

Dalam tubuh wanita itu terdapat 2 ovarium pada perempuan yang tiap- tiap dari keduanya tersambung ke rahim melalui saluran tuba. 2 ovarium tersebut berperan memproduksi sel telur serta menghasilkan hormon. Satu ovarium menaruh telur serta melepaskannya secara acak, dengan satu ovarium membebaskan telur tiap bulan.

Namun, dikarenakan saluran tuba tersumbat sel telur akan sulit untuk bertemu dengan sperma, sehinga itu akan mempersulit proses pembuahan terjadi.

Saluran tuba yang tersumbat merupakan salah satu mungkin pemicu infertilitas( kemandulan) perempuan. Sebutan kedokteran buat tuba falopi yang tersumbat yaitu oklusi tuba. Umumnya tidak terdapat indikasi tentu dari keadaan ini, namun terdapat sebagian aspek resiko yang bisa tingkatkan atau mungkin meningkatkan keadaan tersebut. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk Anda yang lama menika tapi belum juga hamil, agar secepatnya melakukan pemeriksaan terkait sistem reproduksi. Selain wanita, kualitas sperma suami juga harus di cek yah bun, pasalnya kehamilan juga di pengaruhi oleh sperma yang sehat dan normal.

Tuba fallopi adalah tabung berotot yang dilapisi dengan struktur seperti rambut yang halus. "Rambut" ini bekerja di dua arah yaitu membantu sel telur keluar dari indung telur ke rahim dan membantu sperma naik dari rahim. Setiap saluran tuba berakhir di fimbriae yang berbentuk seperti jari. Fimbria menangkap dan berfungsi membimbing telur ketika ovarium melepaskannya.

Apa yang menyebabkan saluran tuba falopi tersumbat?

saluran tuba tersumbat apakah bisa hamil


Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, bahwa penyumbatan pada saluran tuba terjadi karena beberapa hal berik ini, diantaranya:


  • Endometriosis 
  • Penyakit radang panggul 
  • Penyakit menular seksual
  • Keputihan Abnormal
  • Riwayat operasi perut 
  • Hydrosalpinx, yaitu pembengkakan dan cairan di ujung tuba falopi
  • Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau spiral
  • Usus Buntu Pecah
  • Dll.

Beberapa hal tersebut perlu Anda kenali, jika Anda mengalami salah satu dari beberapa hal tersebut terkait penyebab saluran tuba tersumbat, maka Anda sebaiknya segera melakukan tindakan pengobatan agar tidak terjadi yang namanya smbatan pada saluran tuba falopi Anda bun. Karena itu dampaknya pada kesuburan Anda, sehingga akan mempersulit Anda punya anak nantinya.

Apa yang terjadi ketika saluran tuba falopi tersumbat?



Mungkin Anda yang memang baru tahu terkait hal ini, tentunya akan membuat Anda bertanya-tanya. Apa yang akan terjadi pada Anda ketika mengalami sumbatan pada saluran tuba falopi. Dan berikut ini, kami sampaikan juga untuk Anda agar wawasan Anda lebil luas terkait masalah tuba falopi, dan berikut ini di antaranya.


  • Sulit untuk hamil dan mempunyai momongan.
  • Kehamilan Ektopik atau hamil di luar kandungan.
  • Nyeri pada bagian panggul atau perut.

Jika Anda mengalami 3 hal tersebut, saran saya sebaiknya lakukan pemeriksaan HSG untuk mengetahui kesehatan pada saluran tuba falopi Anda. Apakah tersumbat atau memang keluhan tersebut terjadi karena faktor keluhan lainnya.

Pengobatan Apa yang harus dilakukan apabila mengalami saluran tuba falopi tersumbat?

Ketika Anda ingin hamil dan ternyata proses kehamilan Anda terhalang karena saluran tuba anda tersumbat, berikut ini yang perlu anda lakukan. Untuk membantu memaksimalkan serta mengobati saluran tuba yang tersumbat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Periksa ulang kesehatan saluran tuba Anda.
  • Metode IVF atau bayi tabung.
  • Melakukan tiup rahim atau operasi.
  • Memanfaatkan pengobatan dengan herbal muara promil untuk membuka saluran tuba yang tersumbat. Tanpa operasi dan melakukan program bayi tabung, ternyata dengan herbal bee banyak yang berhasil sembuh dan hamil.

Jadi bagi Anda yang mengalami saluran tuba falopi tersumbat jangan berkecil hati, karena ada penyakit pasti ada obatnya. Namun, selain melakukan pengobatan khusus. Jangan lupa Anda juga tingkatkan ibadah, memperbanyak doa dan selalu mendekatkan diri pada yang kuasa. Karena sekeras apapun usahan Anda, tanpa diiringi dengan doa. Maka , usaha Anda akan percuma saja aatu tidaklah maksimal.

Dan yang perlu Anda ketahui, bahwa selain wanita. Kualitas sperma suami juga menentukan, sehingga jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan terkait analisa sperma suami , apabila tidak ada masalah, baiknya tetap dijaga kualitasnya.

Saya Nur Aminah konsultan kehamilan dari muara promil memberikan waktu untuk Anda yang ingin bertanya langsung terkait masalah promil, jika Anda mengalami kesulitan untuk hamil dan sulit punya momongan. Silahkan hubungi saya dan konsultasikan masalah Anda pada kami, supaya kami dapat mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan sekaligus memberikan solusi terbaik untuk Anda agar cepat hamil.