Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keluhan Ini Akan Mempersulit WANITA Untuk Hamil Dan Punya Anak, Apa Saja? Simaklah.

penyebab sulit hamil

Dalam menjalani program hamil atau bagi pasangan suami istri yang sudah lama menikah tapi belum juga punya anak, maka Anda perlu tahu atau setidaknya punya pemikiran yang jernih untuk mencari tahu masalahnya. Karena memang sulit hamil itu pasti ada keluahan atau penyakit tertentu yang menghambat proses pembuahan itu terjadi, baik keluhan ringan maupun berat dan baik pada suami maupun pada istri.

Ada berbagai keluhan atau penyakit yang dapat menjadi penyebab wanita sulit hamil dan berikut ini Muara Promil akan bahas untuk anda semua agar mengetahui apa saja sih yang menjadi penghambat sulit hamil.

Pada intinya, untuk hamil keduanya harus sehat dan normal sistem reproduksinya, baik perempuan maupun laki-laki. Untuk itu kami sangat menyarankan untuk Anda periksa ke dokter apabila merasa sudah lama menikah namun belum juga hamil-hamil.

Penyakit Tertentu Pada Wanita Yang Membuat Sulit Hamil dan Punya Anak.


Kenali penyakit yang dapat menyebab kan wanita kesulitan untuk hamil mesipun sudah melakukan berbagai macam cara agar cepat hamil, dan umumnya ada penyebabnya dan mungkin berikut ini alasan yang membuat anda sulit untuk hamilnya. Adapun sebagai berikut ini:


1.Endometriosis

Penyakit Endometriosis adalah penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Penyakit ini terjadi dimana jaringan lapisan dalam dinding rahim tumbuh pada luar rongga rahim. Kondisi ini mungkin salah satu yang menyebabkan wanita sulit hamil.

Berdasarkan penelitian menemukan ada kaitan antara kesuburan dengan penyakit yang satu ini. Jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim penyebabnya belum diketahui dengan pasti. Namun, ada faktor risiko yang memicu penyakit ini yaitu hormon estrogen. Tingginya hormon estrogen dapat membuat kondisi ini semakin parah. Karena itulah penyakit ini pada umumnya dialami oleh wanita yang usianya produktif.

Selain estrogen, ada beberapa faktor risiko yang diduga dapat memicu penyakit ini yakni sistem kekebalan tubuh, keturunan, lingkungan dan faktor adaptasi sel berdasarkan lingkungan organnya.

Baca Juga : 4 Tips Cara Cepat Hamil Setelah OPERASI Kista Yang Perlu Anda Lakukan

2. Fibroid.

Fibroid merupakan tumor jinak yang tumbuhnya dalam rahim. Terbentuknya tumor ini yaitu dari sel yang membentuk otot dinding rahim. Secara medis penyakit ini disebut dengan myoma uterus atau leiomyoma. Sedangkan untuk penyebab pasti munculnya penyakit ini belum diketahui.

Oleh sebagian ahli mempercayai penyakit ini penyebabnya yaitu karena kelainan genetik, respon beberapa jaringan pada cedera, adanya kejanggalan pada sistem pembuluh darah, serta protein yang memiliki pengaruh terhadap tingkat perkembangbiakan sel.

Selain itu, riwayat keluarga juga menjadi salah satu faktornya. Penyakit ini tidak memiliki potensi kanker, namun ditemukan memiliki kontribusi terhadap masalah ketidaksuburan wanita 5 % sampai 10 % dan dapat menyebabkan susah hamil.

3. Primary Ovary Insufficiency (POI).

Primary ovary insufficiency (POI) atau kegagalan prematur indung telur merupakan suatu kondisi dimana ovarium pada usia produktif berhenti memproduksi hormon, serta sel telur. Wanita yang memiliki kondisi ini biasanya tidak berovulasi dengan teratur atau bahkan tidak sama sekali. Tingkat hormonnya tidak normal karena ovarium mengalami masalah.

Wanita yang mengalami kondisi ini akan sulit untuk hamil. Akan tetapi berdasarkan penelitian sekitar 5% hingga 10% wanita dengan kondisi ini bisa hamil walaupun tidak dengan pengobatan medis.

4. Sindrom Polikistik Ovarium.

Sindrom polikistik ovarium atau PCOS adalah salah satu penyebab yang sering ditemukan pada wanita dengan masalah infertilitas. Sindrom polikistik ovarium adalah kondisi dimana keseimbangan hormonal pada wanita mengalami gangguan yang bisa mempengaruhi menstruasi atau cenderung haid tidak teratur dan membuat wanita sulit hamil.

Wanita yang mengalami kondisi ini kebanyakan pada ovariumnya terdapat kista kecil banyak, yakni folikel telur tidak berkembang. Penyebab pasti dari kondisi ini belum diketahui. Akan tetapi ada faktor-faktor yang berperan memicu kondisi ini, seperti kadar androgen atau hormon testosteron meningkat yang akan berpengaruh terhadap kemampuan indung telur berovulasi, faktor keturunan, peradangan ringan yang dapat merangsang ovarium dalam memproduksi androgen.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Bagi Wanita PCOS Supaya Cepat Hamil.
Bagi pasangan suami istri yang sudah lama menikah  namun belum juga hamil, alangkah baiknya lakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui apa yang sebenarnya jadi penyebab Anda sulit punya Anak, baik suami maupun istri juga harus di periksa kesuburannya mulai dari USG, HSG dan juga CEK SPERMA untuk mengetahui kualitas sperma dari suami.

Sehingga, ketika Anda tahu apa yang menjadi penyebabnya , maka anda pun akan lebih mudah dalam mengatasinya karena bisa  lebih mudah menemukan solusi untuk masalah Anda tersebut. Namun, kebanyakan justru mereka hanya saling menyalahkan satu sama yang lain, yang mana hal tersebut justru sangat mempengaruhi keharomisan dalam rumah tangga, serta akan membuat Anda lebih lama lagi punya Anaknya, akibat sering bertengkar.

Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa sudah lebih dari 2 tahun menikah belum hamil, saran kami segera konsultasikan kedokter terdekat. Ingat ayah bunda, uang bisa kita dapatkan dengan mudah asalkan kita mau berusaha, namun kebahagiaan akan sulit kita dapatkan karena tidak bisa kita beli dengan apapun. Jika keluhan sudah parah tanpa Anda sadari, maka itu akan menjadi sebuah kerugian untuk Anda yang tidak segera periksa.

Banyak pasangan suami istri yang akhirnya menyesal tidak bisa punya anak sampai belasan tahun menikah, karena memang dulunya sering mengabaikan hal-hal kecil, sehingga ketika sudah menjadi serius, itu sudah tidak bisa di obati. Berfikir positif dan terus lakukan dengan semangat dan penuh keyakinan.