Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Haid Tidak Teratur Yang Sering Dilakukan Wanita Tanpa Disadari

penyabab haid tidak teratur


Mengalami haid yang tidak teratur, terkadang kita stress sendiri, benar begitu bunda? Benar sekali, karena kita sulit untuk menentukan masa subur kita, ini khususnya yang sedang promil.

Kadang belum wakutnya haid, si tamu sudah datang duluan dan bahkan telat sampai berbulan-bulan juga banyak. Dan yang bikin risih itu kalau haid itu lama, bisa sampai 2 mingguan dan bahkan ada yang satu bualn lebih.

Apakah bunda mengalami seperti itu?

Tahu tidak bunda, apa yang menyebabkan haid tidak teratur?

"Kami akan beritahu bunda, kenapa haid bunda tidak teratur.

"Ya....pada umumnya karena ada masalah tertentu yang menyebabkan haid bunda jadi tidak teratur dan juga tidak normal seperti pada umumnya. Untuk menambah pengetahuan bunda, kami akan jelaskan untuk bunda disini terkait hal-hal yang menjadi penyebab bunda haidnya tidak terataur.

Tidak berlama-lama, berikut ini beberapa hal yang mungkin tanpa Anda sadari bisa menjadi penyebab bunda haidnya tidak teratur, setelah tahu ini. Baiknya di hindari yah bunda, khususnya yang sedang mengikuti program hamil bersama muara promil.

Apa yang menyebabkan haid tidak teratur?



  1. Suka Begadang: Anda mungkin sudah tahu dari dulu, bahwa banyak begadang atau tidur sampai larut malam setiap hari ini akan menganggu kesehatan Anda, mempengaruhi daya ingat Anda dan lainnya. Tentunya, kebiasaan tersebut sangat tidak baik untuk sitem imun, yang mana jika kesehatan atau sitem imun dalam tubuh terganggu, maka secara tidak langsung ini akan mempengaruhi sistem hormon dan kesuburan Anda. Jika sitem hormon terganggu, maka ini akan mempengaruhi siklus haid. Untuk itu, bagi Anda yang merasa haidnya tidak teratur karena hal ini, sebaiknya biasakan untuk tidak begadang yah bunda.
  2. Kecapean & Banyak Pikiran: Bagi wanita karir yang memiliki wakut yang padat atau rutinitas yang tinggi, ini menjadi ternyata menjadi salah satu penyebab yang membuat siklus haid jadi tidak stabil. Karena sama juga, ini akan mengganggu sitem hormonal , sehingga menjadi tidak stabil dan di tambah banyaknya pikiran atau tingkat stress yang tinggi, maka secara tidak langsung haid pun menjadi kacau.
  3. Berat badan tidak ideal: Memiliki berat badan yang berlebihan, baik kegemukan dan kekurusan juga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan sitem hormonal terganggu dan ini pengaruhnya pada siklus haid juga, sehingga menjadi tidak teratur karena hal tersebut.
  4. Pengaruh Atau Efek KB: Penggunaan alat kontrasepsi atau kb, ini tujuannyasengaja mempengaruhi hormon agar sitem hormon tidak seimbang atau kacau. Dengan ketidakseimbangan hormon, maka seorang wanita akan mengalami kesulitan hamil sehingga ini menjadi alat yang tepat untuk mereka yang ingin menunda kehamilan.Namun, ternyata setelah lepas kb ini akan terus mempengaruhi kesuburan seorang wanita yang mengunakannya, sehingga tidak heran kalau sudah lepas kb haidnya tetap tidak teratur karena dalam tubuh masih terimpan kandungan hormon akibat pengunaan kb, selain itu karena dinding rahim jadi tipis. Sehingga butuh waktu untuk memulihkan kembali agar haidnya teratur dan normal.
  5. Keluhan tertentu: Dan yang ke lima ini berasal dari berbagai keluhan tertentu yang dialami, seperti kista, endometriosis, miom , PCOS dan lainnya. Karena apabila terjangkit keluhan tersebut, maka secara tidak langsung haidnya menjadi kacau.
  6. Faktor usia: Selain dari ke 5 hal diatas, faktor usia juga salah satu hal yang dapat menyebabkan haid tidak teratur. Karena umumnya wanita sel telurnya terbatas, sehingga ketika wanita telah mencapai usia diatas 40thn, maka siklus haid pun akan mulai tidak beraturan dan bahkan jika karena mendekati masa menopause, dan bahkan akan berhenti ketika sudah benar-benar menopause. Untuk itu, bagi wanita yang usianya diatas 40 thn dan belum hamil, saran saya jangan menunda-nunda promilnya, karena masa dimana sel telur mulai berkurang dan menipis sedang dimulai.

Apakah anda mengalami beberapa hal diatas? Jika iya, maka rubah kebiasaan buruk Anda menjadi lebih baik. Karena umunmnya kesehatan akan terganggu ketika gaya hidup kita tidak sehat. Haid tidak teratur pun dari gaya hidup yang tidak sehat, sehingga perlu Anda perhatikan.

Apa yang terjadi kalau haid tidak teratur?


Anda mungkin sudah tahu, bahwa haid yang tidak teratur dapat menyebabkan seorang wanita kesulitan untuk hamil . Pasalnnya sel telur tidak bisa matang dan juga sulit untuk di buahi. Selain tu, sulit juga untuk menentukan masa suburnya.

Haid yang tidak teratur atau menstruasi yang tidak normal ini juga bisa menimbulkan berbagai penyakit, karena memang penumpukan darah kotor. Sehingga itu akan menjadi bakal penyakit yang dapat menganggu kesehatan dan kesuburan Anda nantinya.

Bagaimana agar haid menjadi teratur? Saran saya, hindari beberapa hal diatas dan lakukan gaya hidup sehat. Ini akan membantu memulihkan dan mengoptimalkan kinerja organ dalam tubuh Anda, sehingga ketika organ dalam tubuh Anda berfungsi dan bekerja dengan baik, maka sestem hormonal bunda juga akan seimbang dan haidnya teratur.

Apakah masih ada pertanyaan? Jika masih ada yang ingin, Anda tanyakan.

Silahkan hubungi terapis kami yaitu bunda Nur Aminah selaku konsultan kehamilan di Muara Promil ini, cek di bawah ini.!