Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Penyebab Keguguran Berulang-Ulang Dan Sering Terjadi

Ada banyak wanita yang mengalami keguguran berulang, sehingga artikel tentang Penyebab keguguran berulang, kami buat bertujuan untuk menjawab semua pertanyaan dari para bunda yang masuk ke wa kami. 

Keguguran adalah suatu hal yang sangat menyakitkan, dan memukul hati bagi mereka yang mengalaminya. Karena seakan-akan apa yang menjadi impian mereka, hilang seketika.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya, tentang apa yang sebenarnya menjadi penyebab sering keguguran

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab keguguran sering terjadi, dan bahkan ada yang sampai 2 kali keguguran dan 3 kali keguguran. Dan ini membuat trauma yang mendalam, sehingga merasa takut dan khawatir untuk hamil lagi.

"Ya, pengalaman keguguran 2 kali atau 3 kali tersebut membuat mereka merasa takut untuk hamil lagi, takut keguguran kembali terjadi.

Hal tersebut merupakan hal yang wajar, dan hampir setiap wanita yang mengalami keguguran juga begitu.

Oleh karena itu, sebelum Anda hamil lagi. Anda harus cari tahu dulu apa yang sebenarnya terjadi, sehingga keguguran terus dialami.

Dengan begitu, Anda akan tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk menghindari dan mencegah keguguran terjadi ke sekian kalinya.

Berikut ini, kami bagikan informasi untuk Anda di situs Muara Promil ini, supaya Anda tahu penyebab keguguran berulang yang Anda alami. Adapun jawabannya sebagai berikut ini:

7 Penyebab Keguguran Berulang Yang Sering Terjadi

penyebab keguguran berulang

1. Kebiasaan Buruk/Pola Hidup Yang Tidak Sehat.


Hal yang pertama yang sering dialami dan paling umum yang menyebabkan keguguran berulang terjadi yaitu karena pola hidup yang tidak sehat.

Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah serius bagi Anda yang sedang hamil, walaupun tidak sedang hamil pun, gaya hidup yang tidak sehat ini sebenarnya harus di hindari, karena dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu.

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui, beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang beralkohol serta kafein juga dapat meningkatkan risiko keguguran berulang terjadi. 

Seperti yang kita ketahui, bahwa baik rokok, alkohol atau kafein bisa menyebabkan janin yang tengah tumbuh keracunan, karena hal tersebut memang faktor yang dapat menimbulkan efek racun yang tidak baik untuk kesehatan janin.

Bukan hanya itu saja, kesehatan ibu hamil pun sangat terganggu. Dan berisiko mengalami tingkat keguguran berulang sangat tinggi. Karena fungsi organ tubuh pada ibu hamil menjadi terganggu.

Apakah hanya itu saja dampak negatif dari kebiasaan buruk tersebut?

Tentu tidak, bagi wanita yang memiliki kebiasaan buruk seperti itu. Ini juga berdampak buruk bagi kesuburan, seiring bertambahnya usia, tingkat kesuburan akan menurun karena jumlah sel telur serta kualitasnya menurun juga.

Nah, itulah salah satu penyebab keguguran berulang terjadi ~ bagi Anda yang tengah hamil. Baiknya untuk memperhatikan pola hidup sehat.

Mulai dari istirahat yang cukup, makan-makanan yang bernutrisi dan bergizi serta tidak melakukan aktifitas yang berlebihan yang dapat membuat Anda kecapean dan stres.


2. Memiliki Masalah Pada Rahim.


Ada banyak jenis masalah pada rahim yang dapat menyebabkan keguguran berulang terjadi. Masalah atau Gangguan pada rahim yang umum di alami seperti kelainan bentuk rahim, sindrom Asherman, atau leher rahim (serviks) yang lemah, ini juga bisa menjadi penyebab keguguran berulang.

Gangguan atau masalah rahim tersebut dapat menyebabkan janin tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sempurna, sehingga janin yang terbentuk tidak dapat bertahan lama di dalam rahim, sehingga keguguran pun tidak dapat di cegah lagi.

Ini juga termasuk masalah yang dapat menjadi penyebab keguguran berulang terjadi, bisa berkali-kali.

3. Masalah Pada Hormon.

Salah satu penyebab keguguran berulang lainnya yaitu masalah pada hormon, menurut pendapat para medis, pada kasus tertentu, kelainan hormon ini dapet menyebabkan keguguran berulang, seperti pada sindrom ovarium polikistik.

Akibat dari Masalah tiroid / hormonal - Tiroid yang terlalu aktif, ini dapat menyebabkan keseimbangan hormon terganggu. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan keguguran jika lapisan rahim tidak berkembang secara normal untuk implantasi dan makanan telur yang telah dibuahi. Peningkatan kadar prolaktin (hormon reproduksi yang diproduksi di kelenjar pituitari) dapat mengubah perkembangan lapisan rahim yang tepat.

4. Gangguan Darah

Penyebab keguguran berulang lainnya yaitu karena gangguan darah. Sindrom antifosfolipid atau APS merupakan kondisi yang bisa menyebabkan darah ibu hamil cenderung lebih menggumpal. Ada sebagian riset menunjukkan bahwa sekitar 15–20% wanita yang mengalami keguguran berulang memiliki sindrom antifosfolipid. 

"Selain APS, trombofilia juga menyebabkan darah lebih mudah menggumpal. Penyakit ini mirip dengan APS, namun hal ini memiliki risiko lebih rendah menyebabkan keguguran berulang terjadi. Diperkirakan sekitar 1–5% kasus keguguran berulang disebabkan oleh trombofilia".

5. Kelainan Genetik

Masih ada banyak lagi yang dapat menyebabkan keguguran berulang terjadi, dan untuk yang ke lima. 

Salah satu hal yang menjadi penyebab keguguran berulang yaitu karena KELAINAN GENETIK.

"Kelainan genetik dapat terjadi ketika embrio (telur yang dibuahi) menerima jumlah kromosom yang tidak normal selama pembuahan. 

Jenis penyebab genetik ini biasanya terjadi secara kebetulan dan tidak ada kondisi medis yang terkait dengannya. 

....Pada sejumlah kecil pasangan yang mengalami keguguran berulang, satu pasangan mungkin mengalami translokasi kromosom (ketika salah satu bagian dari kromosom putus dan menempel kembali ke kromosom kedua).

6. Menderita Miom Atau Kista

Ini bukan soal riset terkait penyebab keguguran berulang terjadi, tapi sejauh ini kami juga sering menangani dan mendapati pasien yang sering mengalami keguguran berualang, dari pengalaman keguguran berulang dari para pasien.

Sudah jelas, inilah salah satu penyebab keguguran berulang sering kali terjadi dan dialami.

Kista dan miom ini merupakan salah satu penyakit yang umumnya ada di bagian rahim yang menyerang dan menganggu sistem reproduksi. Wanita dengan kista dan miom, umumnya memang bisa hamil, namun sangat berisiko terjadi atau mengalami keguguran.

Apabila kista dan miomnya yang kuat, maka janin yang kalah. Karena nutrisi yang seharusnya untuk pertumbuhan janin, itu di ambil alih oleh penyakit tersebut dan alhasil janin tidak bisa bertahan dan kembang dengan baik, hingga pada akhirnya keguguran pun terjadi.

"Jika, masalah tersebut tidak terselesaikan. 

Maka, itu sangat berisiko terjadi keguguran berulang.

7. Virus Torch.

Mungkin, bagi Anda yang tidak tahu ini. Hal tersebut adalah hal yang sangat asing di telinga Anda. 

Perlu Anda ketahui, bahwa ini juga salah satu hal yang dapat mengakibatkan keguguran berulang terjadi. Hal ini, menjadi masalah serius kalau tidak di tangani dengan baik.

Pasalnya, sejauh ini ada banyak khasus yang mengalami virus torch ini dan umumnya wanita. Ketika hamil, mereka selalu mengalami keguguran, janin meninggal di kandungan, dan juga ada pula yang sampai lahiran, namun hanya bertahan beberapa hari saja.

Jika mendapati hal seperti itu, kemungkinan besar si ibu mengalami virus torch. Ini juga sering kami dapati, ada banyak pasien yang mengikuti promil kami DENGAN masalah seperti ini.

Apa Itu virus torch?


ToRCH merupakan kelompok penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan parasit Toxoplasma gondii, Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Virus Herpes Simplek (HSV1 - HSV2). ToRCH menyebabkan kelainan dan berbagai keluhan yang bisa menyerang anak-anak, orang tua, dan ibu hamil.

Mungkin, sejauh ini Anda sudah mengetahui apa yang sebenarnya bunda Alami sehingga keguguran berulang terjadi dan terus terjadi.

Jika mengalami keguguran berulang, sebaiknya cek dokter. Untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi. Sehingga Anda terus-terusan mengalami keguguran berulang. Dengan mengetahui apa penyebab

Itulah 7 penyebab keguguran beulang yang perlu Anda ketahui.

Jika, Anda ingin cepat hamil setelah keguguran. Silakan baca tips cepat hamil setelah keguguran yang sudah kami share di artikel sebelumnya.


INGIN CEPAT HAMIL JUGA? SEGERA Hubungi Muara Promil & Konsultasikan Keluhan Bunda Untuk Program Cepat Hamil!
Whatsapp :
0878-3171-1060