Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Lama Hamil Setelah Keguguran Yang Perlu Diketahui

Penyebab lama hamil setelah keguguran menjadi informasi yang sangat menarik untuk di bahas, karena saya sering mendapatkan pertanyaan terkait penyebab susah hamil setelah keguguran. 

Sehingga tidak ada salahnya saya bagikan disini jawaban dari pertanyaan tersebut, agar yang alin juga mengetahuinya.

Harapan dan impian seakan-akan gugur setelah mengalami keguguran, karena apa yang di harapkan dan impikan selama ini hilang dalam sekejap. 

...Bagi semua orang yang mengalami keguguran, hal ini tentu sangat memukul hati, karena kehilangan BUAH HATI yang di impikan.

Lebih-lebih bagi mereka yang memang sudah bertahun-tahun menikah dan baru merasakan hamil, kemudian keguguran. 

Sedih memang, namun biar bagaimanapun itu sudah jadi ketentuan yang kuasa dan di usahakan kesedihan itu tidak berkelanjutan dan mempengaruhi kehamilan yang berikutnya.

Banyak yang bilang, setelah keguguran itu akan lebih cepat dan mudah hamil lagi. Hal tersebut memang benar, namun hal ini tidak berlaku untuk semua wanita.

Ada yang cepat hamil lagi setelah keguguran, ada yang susah hamil lagi setelah keguguran dan ada yang cepat hamil lagi tapi keguguran lagi.

Itu semua tergantung kondisi kesuburan pasangan suami istri tersebut, kalau memang tidak ada masalah pada kesuburan. Mereka akan merasakan hamil lebih cepat, begitu sebaliknya. Bagi mereka yang ada masalah pada kesuburan akan mengalami kesulitan untuk hamil lagi setelah keguguran.

Sebenarnya, apa yang jadi penyebab lama hamil setelah keguguran??"

Pada artikel ini, kami akan bagikan untuk Anda beberapa hal terkait penyebab lama hamil setelah keguguran menurut medis atau para dokter kandungan. Adapun ulasannya sebagai berikut:

6 Masalah Umum Penyebab Lama Hamil Setelah Keguguran Yang Harus Anda Ketahui

penyebab lama hamil setelah keguguran


1. Sistem Reproduksi Belum Normal Kembali

Ini salah satu penyebab wanita lama hamil setelah keguguran, ketika rahim belum benar-benar bersih dan tingkat kesuburan belum normal kembali. 

Hal tersebut berhubungan pada kesehatan sistem reproduksi, jika kesuburan belum kembali normal, maka kehamilan pun masih akan sulit terjadi. Dan ini yang menjadi penyebab susah hamil setelah keguguran.

Salah satu hal yang dapat menjadi tanda kalau sistem reproduksi Anda sudah kembali normal yaitu HAID TERATUR setiap bulan dan tidak ada nyeri berlebihan di awal hendak haid atau sedang haid. Karena nyeri yang berlebihan tersebut bisa menjadi tanda kalau Anda mengalami gangguan pada sitem reproduksi.

Jika belum normal kembali, sebaiknya Anda lakukan pengobatan dan selalu menerapkan gaya hidup sehat setiap hari untuk meningkatkan kesuburan Anda supaya cepat hamil setelah keguguran.

2. Karena Pikiran Terganggu ATAU Stres.

Tidak bisa di pungkiri, keguguran atau musibah kehilangan calon buah hati yang di impikan sekian lama ini membuat pikiran kita menjadi kacau, sedih yang berkelanjutan dan merasa menyesal tidak bisa menjaga calon buah hatinya.

Namun, ternyata inilah yang akan Anda alami kalau stres terus berkelanjutan. 

"Ya, stres ini menjadi salah satu hal yang menyebabkan lama hamil setelah keguguran.

Bukan hanya padatnya aktifitas setiap hari yang kita lakukan yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh kita, Tapi...stres juga salah satu hal yang menyebabkan sistem hormon kita menjadi tidak seimbang.

Ketika sistem hormonal kita tidak seimbang, maka siklus haid atau menstruasi pun akan menjadi kacau dan tidak normal juga, jika tidak normal. Maka, sel telur pun akan sulit matang dan ketika sel telur tidak matang, maka kehamilan jelas sulit terjadi.

Inilah alasanya, kami selalu bilang pada para pasien kami yang promil melalui wa...jangan banyak pikiran dan usahakan selalu berfikir positif untuk menghindari stres yang dapat menjadi penyebab lama hamil setelah keguguran.

Apakah stres bisa membuat wanita sulit hamil? Baca di artikel ini, untuk mengetahi informasi lebih detailnya.

3. Berat Badan Meningkat.

Mungkin Anda juga pernah mendengar dokter bilang, berat badan yang berlebih atau kurang dapat membuat wanita sulit hamil? 

Tapi, kebanyakan orang yang memang memiliki berat badan berlebih selalu menolak akan hal tersebut dan kebanyakan selalu berusaha menutupi dan membenarkan diri, dengan mengatakan  "Banyak kok orang gendut bisa hamil".

Walaupun banyak wanita gendut bisa hamil, bukan berarti itu berlaku sama untuk Anda dan buktinya Anda masih sulit hamil, kalau masih sulit hamil. Tidak ada salahnya juga untuk menurunkan berat badan, siapa tau memang itu yang membuat lama hamilnya.

Semua itu tergantung kesuburan, karena setiap wanita tidak sama terkait kesuburannya.

Dalam hal ini, berat badan yang berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan dan kesuburan, hal tersebut dapat mempengaruhi sistem hormon Anda juga.

..Dan kebanyakan wanita yang memiliki berat badan berlebih itu keluhannya yaitu PCOS, sel telur kecil-kecil dan tidak matang serta umumnya haidnya kacau dan bahkan ada yang 3-5 bulan sekali baru haid.

Kalau seperti itu, maka jelas kehamilan akan sulit terjadi. Apabila Anda merasa berat badannya berlebihan, cobalah untuk mengidealkan berat badan Anda. 

""Karena hal tersebut salah satu penyebab lama hamil setelah keguguran dan bisa saja Anda juga mengalami sulit hamil karena bb yang berlebihan.

Bagaimana kegemukan bisa membuat wanita sulit hamil? Silakan baca di artikel ini, untuk mengetahuinya.

4. Kualitas Sperma Suami Kurang.

Selain dari pihak istri, kesuburan suami juga perlu di perhatikan.

Walaupun istri sudah pernah hamil sebelumnya, bukan berarti kualitas dan kesuburan suami akan tetap sama, ada kalanya menurun tergantung gaya hidupnya yang kurang sehat.

Ada sebagian juga yang mengalami kelainan pada sperma yang mana ini sebenarnya yang membuat kehamilan kurang sempurna dan ketika pembuahan kurang sempurna akibat kelainan pada sperma, keguguran bisa saja terjadi kapan saja.

Tidak ada salahnya untuk memastikan kesehatan pada sperma suami dengan melakukan pemeriksaan khusus, hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut. 

"Apakah penyebab lama hamil setelah keguguran itu karena sperma suami atau tidak.

Terus lakukan gaya hidup sehat, dan hindari berbagai hal yang dapat menurunkan kualitas sperma dan kesuburannya. 

Hindari berbagai aktifitas yang tidak bermanfaat seperti merokok, begadang, dan juga mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak baik untuk kesuburan.

5. Pernah KB setelah keguguran.

Pada umumnya, dokter menyarankan untuk menunda kehamilan sementara sambil menunggu kondisinya pulih dengan mengunakan KB. 

Namun, ini tidak disarankan kalau memang Anda itu ingin cepat hamil lagi setelah keguguran. 

"Ya, penggunaan alat kontrasepsi ini dapat mempengaruhi sistem hormon menjadi tidak stabil dalam jangka panjang, sehingga tidak heran kalau sudah di lepas sekalipun. 

..Kehamilan tetap sulit terjadi, karena hormonya tidak stabil dan butuh proses yang lama untuk membantu pemulihan sistem hormon akibat kb tersebut.

Dalam beberapa khasus, umumnya wanita yang baru menikah langsung mengunakan KB, mereka cenderung akan mengalami kesulitan hamil sampai bertahun-tahun. 

Hal ini dikarenakan efek kb masih mempengaruhi kesuburannya, entah itu membuat badan gemuk dan bb berlebihan dan sejenisnya yang dapat menurunkan kesuburan.

Kami juga sering mendapati pasien yang seperti itu, dan hampir kebanyakan mereka mengalami dinding rahim yang tipis akibat penggunaan KB suntik setelah menikah dan kebanyakan dari mereka mengalami kesulitan hamil sampai tahunan.

Ini berlaku juga bagi Anda yang habis keguguran, jika Anda langsung mengunakan kb. Maka, wajar hal ini membuat Anda sulit hamil dan lama hamil setelah keguguran.

Lalu bagaimana caranya? 

Sebaiknya lepas kb dan berusaha untuk memulihkan kesuburan Anda setelah kb.

6. Mengalami Keluhan Tertentu

Anda merasa lama hamil setelah keguguran, mungkin saja Anda menderita keluhan tertentu yang menyebabkan sistem reproduksi Anda menurun dan tidak bekerja dengan baik.

Ada banyak yang mempengaruhi terjadinya keguguran, seperti karena ada miom dan kista yang membuat kandungan jadi lemah, kecapean, stres dan juga mengkonsumsi makanan sembarangan bisa juga jadi penyebab keguguran, kelainan pada sperma yang membuat pembuahan tidak sempurna dan lainnya.

..Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan keguguran.

Misalnya, saat ini ternyata bunda mengalami kista? Maka, ini juga salah satu penyebab bunda lama hamil setelah keguguran dan andaikata hamil pun, keguguran bisa saja terjadi kalau kista semakin besar dan parah.

Anda bisa pastikan kondisi kesuburan dengan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, hal ini untuk mengetahui apakah kondisi kesuburan bunda dan suami ada masalah atau tidak.

Dengan begitu, Anda menjadi tahu apa penyebab lama hamil setelah keguguran yang sebenarnya.

Itulah penyebab lama hamil setelah keguguran yang perlu Anda ketahui.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuat Anda mengetahui, berbagai hal yang perlu dilakukan dan di hindari agar cepat hamil setelah keguguran.